15+ Resep Jajanan 1000-an Yang kekinian

Hairul

jualan gorengan
Source : Freepik.com

Jajanan kekinian menjadi salah satu pilihan makanan ringan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, jajanan kekinian juga memiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha jajanan kekinian.

Namun, untuk memulai usaha jajanan kekinian, Anda harus memiliki resep-resep yang nikmat dan hemat. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 15+ resep jajanan 1000-an kekinian yang nikmat dan hemat untuk dijual dengan harga 1000-an. Dari cilok hingga martabak telur, kami akan membahas cara membuat jajanan kekinian yang gurih dan lezat.

Pengenalan Jajanan 1000-an

Sebelum kita mulai bicara tentang cara membuat jajanan kekinian, mari kita terlebih dahulu pahami apa itu jajanan kekinian. Jajanan kekinian itu sebenarnya makanan ringan atau camilan yang sedang hits atau populer saat ini. Biasanya, makanan ini punya rasa yang beda dan unik dibanding camilan biasa. Yang menarik, selain rasanya yang enak, jajanan kekinian juga punya penampilan yang keren dan bagus di foto, jadi banyak orang suka membagikan di media sosial.

Tips Membuat Jajanan Kekinian

Sebelum membuat jajanan kekinian, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar dapat menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Berikut adalah beberapa tips membuat jajanan kekinian:

Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi

Bahan-bahan berkualitas tinggi akan memberikan rasa yang lebih enak pada jajanan kekinian Anda. Pastikan untuk memilih bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi saat membuat jajanan kekinian.

Ikuti resep dengan benar

Setiap resep memiliki tahapan dan takaran bahan yang berbeda-beda. Pastikan untuk mengikuti resep dengan benar agar dapat menghasilkan jajanan kekinian yang nikmat dan lezat.

Gunakan teknik memasak yang tepat

Teknik memasak juga sangat penting dalam membuat jajanan kekinian. Pastikan untuk menggunakan teknik memasak yang tepat agar dapat menghasilkan jajanan kekinian yang gurih dan lezat.

Jangan takut mencoba hal baru

Jangan takut mencoba hal baru saat membuat jajanan kekinian. Anda dapat mencoba variasi bahan atau teknik memasak baru untuk menghasilkan jajanan kekinian yang lebih unik dan lezat.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menghasilkan jajanan kekinian yang nikmat dan berkualitas.

Resep Jajanan Kekinian untuk Jualan 1000-an

Berikut adalah 20+ resep jajanan kekinian untuk dijual dengan harga 1000-an:

Odeng-Odeng

Odeng-Odeng adalah makanan ringan yang berasal dari Korea Selatan. Ini adalah camilan yang terbuat dari potongan-potongan ikan yang dicelupkan ke dalam adonan tepung bercita rasa gurih dan pedas, kemudian direbus. Setelah matang, odeng-odeng ini biasanya disajikan dengan saus pedas yang lezat. Makanan ini populer di Korea dan sering dijual di gerobak makanan jalanan serta restoran-restoran kecil. Odeng-Odeng sering dinikmati sebagai camilan atau lauk saat makan. Odeng-odeng bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memulai berjualan jajanan 1000-an lo.

Cilor

Resep jajanan 1000-an selanjutnya adalah Cilor merupakan singkatan dari “aci digulung,” sebuah makanan ringan atau camilan yang berasal dari Indonesia. Cilor terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Adonan ini kemudian digulung seperti sosis atau cilok (cimol) kecil dan dimasak dengan cara direbus atau digoreng hingga matang. Setelah matang, cilor sering disajikan dengan saus kacang atau saus pedas.

Cilor populer di kalangan pecinta makanan jalanan di Indonesia dan sering dijumpai di warung-warung kaki lima. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cilor menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang.

Cilok

Jajanan 1000-an berikutnya adalah cilok. “Cilok” adalah singkatan dari “aci dicolok,” yaitu makanan ringan atau camilan yang berasal dari Indonesia. Cilok terbuat dari adonan tepung kanji (tapioka) yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Adonan ini kemudian dicolok atau ditusuk menggunakan tusukan seperti sate kecil dan dimasak dengan cara direbus. Setelah matang, cilok biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus pedas.

Cilok adalah camilan yang populer di Indonesia dan sering dijumpai di warung-warung kaki lima atau penjaja makanan jalanan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cilok menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia.

Pastel

Pastel adalah sejenis makanan yang populer di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia dan Amerika Latin. Definisi pastel dapat bervariasi tergantung pada wilayahnya. Di Indonesia, pastel adalah sejenis makanan ringan atau camilan. Pastel terdiri dari kulit yang tipis dan renyah yang biasanya diisi dengan berbagai macam bahan, seperti kentang, wortel, telur, daging cincang, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah diisi, kulit pastel biasanya digulung atau ditekuk dan kemudian digoreng hingga berwarna keemasan. Pastel Indonesia umumnya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan. Pastel bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin berjualan jajanan 1000-an lo.

Martabak telur

Jajanan 1000-an selanjutnya Martabak telur. Martabak telur adalah makanan yang populer di Indonesia. Ini biasanya dijual di warung makan, kaki lima, atau oleh pedagang makanan jalanan. Martabak telur dibuat dari adonan tepung yang diisi dengan telur dan bahan lain seperti daging cincang, bawang, daun bawang, dan rempah-rempah.

Proses membuatnya dimulai dengan memasak adonan tipis yang diisi dengan telur dan bahan lainnya di atas penggorengan besar. Kemudian, semua ini digulung bersama dan digoreng sampai matang dengan warna keemasan dan rasa yang renyah. Martabak telur sering disajikan dengan saus kacang atau saus pedas.

Es Lilin

Es lilin adalah camilan es yang populer di Indonesia. Ini adalah es dalam bentuk stik kecil yang dibekukan dalam cetakan plastik. Es lilin datang dalam berbagai rasa, seperti buah-buahan, cokelat, kopi, dan rasa lainnya.

Proses pembuatannya cukup sederhana. Campuran sirup atau jus buah yang telah diberi gula dimasukkan ke dalam cetakan plastik kecil. Kemudian, tusuk es atau stik plastik ditempatkan di tengahnya. Cetakan tersebut kemudian diletakkan di dalam freezer hingga adonan beku dan mengeras. Setelah es lilin siap, Anda cukup memotong atau mengupas plastiknya, dan Anda bisa menikmati camilan es yang segar.

Es lilin adalah camilan yang sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa di Indonesia, terutama pada hari-hari panas. Selain mudah ditemui di toko-toko kelontong, sering juga dijajakan oleh pedagang kaki lima atau penjual es di pinggir jalan.

Jika kamu tertarik ingin berjualan jajanan 1000-an yang menyegarkan, berjualan es lilin bisa jadi pilihan untuk kamu.

Risoles

Risoles adalah makanan ringan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan campuran daging cincang (biasanya ayam), wortel, kacang polong, bawang, dan rempah-rempah. Kemudian, kulit lumpia ini digulung dan digoreng sampai renyah.

Risoles bisa jadi pilihan jajanan 1000-an buat kamu dikarenakan cara membuatnya yang mudah hanya dengan memasak campuran daging dan sayuran dengan bumbu hingga matang, kemudian digulung dalam kulit lumpia, dilapisi dengan telur dan tepung panir, lalu digoreng sampai berwarna kuning keemasan.

Biasanya, risoles disajikan dengan saus sambal atau saus tomat untuk memberikan rasa pedas atau segar. Makanan ini cocok sebagai camilan atau makanan pembuka di berbagai acara, dan sering ditemui di restoran, warung makan, atau penjual makanan jalanan di Indonesia.

Siomay

Siomay adalah hidangan khas Tiongkok yang populer di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. Ini adalah hidangan dim sum yang terdiri dari potongan-potongan kecil yang dibungkus dengan kulit pangsit transparan. Isian siomay biasanya terdiri dari daging ikan (biasanya ikan tenggiri atau udang) yang dicincang halus, dicampur dengan tepung kanji, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, dan merica.

Proses membuat siomay melibatkan mencampurkan bahan-bahan isian, kemudian membungkusnya dengan kulit pangsit tipis. Siomay kemudian direbus atau dikukus hingga matang. Setelah matang, siomay disajikan dengan saus kacang, saus tomat, atau saus cabe yang lezat.

Siomay sering disajikan dalam porsi kecil, dan biasanya disajikan dengan tambahan seperti kentang rebus, telur rebus, atau lontong. Ini adalah hidangan yang lezat dan populer di Indonesia, sering dijumpai di gerobak-gerobak makanan jalanan, restoran, atau warung makan. Siomay biasanya dinikmati sebagai camilan atau makanan ringan. Oleh karena itu kamu bisa memilih jajanan 1000-an ini sebagai ide usaha kamu.

Roti gulung sosis

Jajanan 1000-an berikutnya Roti gulung sosis adalah camilan yang terbuat dari sosis yang digulung dalam selembar roti. Roti ini umumnya lembut dan empuk. Pertama, roti dipanggang atau dipanaskan agar lebih lentur. Kemudian, sosis diletakkan di tengah roti. Beberapa versi bisa ditambah dengan saus, keju, sayuran, atau bahan lainnya. Roti dan sosis digulung menjadi satu, dan itulah roti gulung sosis. Kita sering menemui camilan ini di toko roti, restoran cepat saji, atau penjual makanan di jalanan. Orang suka roti gulung sosis karena rasanya yang enak dan mudah dimakan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Es Gabus

Es Gabus adalah minuman yang populer di Indonesia. Ini adalah minuman dingin yang terbuat dari es serut yang disajikan dengan tambahan manisan atau sirup berbagai rasa. Es Gabus sering dijajakan oleh pedagang makanan dan minuman di pinggir jalan, terutama pada hari-hari yang panas.

Proses pembuatan Es Gabus melibatkan penggunaan mesin penghancur es untuk membuat es serut yang halus. Kemudian, es serut ini diberi sirup berbagai rasa, seperti stroberi, jeruk, rasa buah tropis, atau rasa-rasa unik lainnya sesuai selera. Sebagai tambahan, Es Gabus sering diberi topping seperti kacang, agar-agar, atau biji selasih untuk memberikan tekstur yang berbeda.

Es Gabus adalah jajanan 1000-an yang menyegarkan dan cocok untuk diminum saat cuaca panas. Ini adalah camilan yang populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa di Indonesia.

Sempol Bihun

Sempol bihun adalah camilan yang populer di Indonesia. Ini adalah camilan goreng yang terbuat dari campuran bihun (mie berbentuk bulat dan tipis), tepung terigu, daging ayam atau udang cincang, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya.

Proses pembuatan sempol bihun dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut dan membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil yang kemudian digoreng hingga berwarna keemasan. Camilan ini sering disajikan dalam keadaan panas-panas dan biasanya disantap bersama dengan saus sambal atau saus kacang untuk menambah citarasa.

Sempol bihun memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalamnya, menciptakan kontrast yang lezat. Camilan ini sering dijajakan oleh pedagang makanan jalanan dan dapat ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Sempol bihun sangat populer sebagai jajanan 1000-an yang enak.

Tahu Walik

Tahu walik adalah hidangan khas Jawa Tengah, Indonesia. Ini adalah hidangan yang terbuat dari tahu yang diisi dengan campuran daging cincang (biasanya daging ayam atau ikan), bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan rempah-rempah, serta telur. Setelah tahu diisi dengan campuran ini, tahu kemudian digoreng hingga berwarna keemasan.

Nama “tahu walik” berasal dari bahasa Jawa, di mana “walik” berarti “balik” atau “terbalik.” Nama ini merujuk pada cara tahu yang dibalik saat digoreng sehingga sisi yang diisi menjadi bagian yang terletak di luar dan berwarna kecoklatan.

Tahu walik sering disajikan dengan saus kacang atau saus pedas yang lezat. Ini adalah hidangan yang populer di banyak daerah di Indonesia dan sering dijajakan oleh pedagang makanan jalanan. Tahu walik memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah di luar serta lembut di dalamnya, membuatnya menjadi jajanan 1000-an atau hidangan yang disukai oleh banyak orang.

Pangsit Sosis

Pangsit sosis adalah hidangan camilan atau makanan ringan yang terdiri dari sosis yang dibungkus dengan kulit pangsit dan kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Hidangan ini populer di Indonesia dan sering dijajakan oleh pedagang makanan jalanan.

Proses pembuatan pangsit sosis melibatkan memasukkan sosis ke dalam selembar kulit pangsit yang tipis, kemudian menggulungnya atau melipatnya untuk membungkus sosis. Setelah itu, pangsit sosis digoreng dalam minyak panas hingga kulit pangsit menjadi garing dan berwarna keemasan.

Pangsit sosis sering disajikan dengan saus sambal atau saus kacang, yang menambahkan rasa pedas atau gurih yang lezat. Hidangan ini memiliki kombinasi tekstur yang enak antara kulit pangsit yang renyah dan sosis yang gurih di dalamnya, sehingga menjadi jajanan 1000-an yang populer di Indonesia.

Tahu Krispi

Tahu krispi adalah hidangan camilan yang terbuat dari tahu yang digoreng hingga menjadi renyah dan krispi. Proses pembuatannya melibatkan pemotongan tahu menjadi potongan-potongan kecil atau cetakan sesuai dengan selera, kemudian digoreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan teksturnya menjadi renyah.

Tahu krispi biasanya disajikan dengan bumbu atau saus tambahan untuk menambah citarasa, seperti saus sambal, saus kacang, atau saus tomat. Hidangan ini populer sebagai camilan di Indonesia dan sering dijajakan oleh pedagang makanan jalanan.

Karena teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, tahu krispi merupakan jajanan 1000-an yang disukai oleh banyak orang karena kontrasnya rasa dan tekstur. Beberapa variasi tahu krispi juga dapat ditemukan dengan bumbu-bumbu yang berbeda untuk memberikan rasa yang lebih kaya.

Kesimpulan

Dengan resep-resep jajanan kekinian yang nikmat dan hemat, Anda dapat memulai usaha jajanan 1000-an kekinian dengan modal terjangkau. Ini adalah peluang yang menarik, terutama mengingat popularitas yang terus meningkat dari jajanan kekinian di kalangan konsumen saat ini. Dengan resep-resep yang tepat, Anda dapat menciptakan camilan yang tidak hanya enak, tetapi juga dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif ini..

Dengan modal terjangkau dan semangat berusaha, Anda dapat memulai usaha jajanan kekinian Anda sendiri dan berharap untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis kuliner. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha jajanan 1000-an kekinian.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Katering Makanan: Menguak Keuntungan, Menyasar Target Konsumen, Modal Awal yang Tepat, Langkah-langkah Sukses, dan Jauhi Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Also Read

Bagikan:

3 thoughts on “15+ Resep Jajanan 1000-an Yang kekinian”

  1. Pingback: 10 Ide Jualan Gorengan Modal Kecil Untung Besar - HyBisnis.com
  2. Pingback: Memulai Bisnis Online Makanan: Cara Berjualan Di Shopee Food - HyBisnis.com
  3. Pingback: 25+ Ide Jualan Makanan Murah Untung Banyak - HyBisnis.com

Leave a Comment